Sabtu, 20 Oktober 2018

Pemilihan Ketua RT-005 dan RT-006 di RW-09 Kranji


PEMILIHAN KETUA RT-005 DAN RT-006
DI RW-09 KRANJI, BEKASI BARAT 

BEKASI | Liputan RW09kranji - Pemilihan Ketua RT-005 dan Ketua RT-006 di wilayah RW-09 kelurahan Kranji, Bekasi Barat diselenggarakan pada hari Sabtu 20 Oktober 2018 mulai pukul 19.30 wib, pemilihan Ketua RT dilakukan secara Demokratis yaitu semua warga dapat memilih secara lansung, bebas dan rahasia calon pilihannya. System pemilihan ini sama dengan system Pemilihan Kepala Daerah Kota Bakasi yang sudah selesai kemarin dan pada Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden yang akan berlangsung pada tanggal 17 April 2019. Dalam proses pemilihan langsung Ketua RT ini disaksikan oleh kelurahan Kranji yang mewakili Lurah Kranji Bapak Agus Joko Saputro saat ini sebagai Kasie Trantib Kelurahan Kranji, Bekasi Barat.



Acara Pemilihan Ketua RT diawali dengan Pembukaan, pembacaan Doa lalu bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua Panitia, pembacaan peraturan pemilihan Ketua RT, laporan dari Ketua RT yang lama, serah terima dari Ketua RT lama ke Panitia Pemilihan Ketua RT baru dilakukan pencoblosan pemilihan Ketua RT secara langsung, perhitungan hasil suara pemilihan Ketua RT dan terakhir yang tidak kalah ramai pada saat pembagian doorprize.


Semua dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan, dengan banyaknya antusias warga yang turut hadir menjadikan acara ini sebagai silaturahmi antara warga. Suasana malam minggu yang cerah membuat warga berkumpul bersama untuk memilih calon Ketua RT pilihannya dengan harapan Ketua RT yang baru akan lebih baik dalam mengatur di lingkungannya mulai dari kebersihan, sampah, keamanan, ketertiban dan urusan administrasi warga yang dipermudah.


Tahap demi tahap Pemilihan Ketua RT-005 dan Ketua RT-006 di RW-09 kelurahan Kranji dilakukan agar pemilihan dapat berjalan demokrasi dan warga mempunyai hak untuk dipilih dan memilih, tahapan sbb :

1.   Ketua RT membuat rapat pembentukan Panitia yang dihadiri oleh pengurus RW
2.   Panitia Pemilihan Ketua RT, sebagai Ketua Panitia harus dari Pengurus RW
3.   Panitia Pemilihan RT terdiri dari Ketua, Sekretaris dan perwakilan warga
4.   Panitia membuat surat ke semua warga untuk penerimaan calon Ketua RT
5.   Panitia pasang Spanduk untuk sosialisasi penerimaan calon Ketua RT.
6.   Sekitar 1-2 minggu panitia harus sudah mendapat Calon Ketua RT
7.   Rapat Panitia Pemilihan RT untuk Finalisasi Calon Ketua RT yang bersedia
8.   Panitia membuat Undangan ke semua warga untuk Pemilihan Ketua RT
9.   Panitia pasang Spanduk untuk sosialisasi Nama & Foto Calon Ketua RT 
10. Warga hadir saat Pemilihan langsung Ketua RT perwakilan 1 suara per KK.

Semua tahapan dapat berjalan dengan baik, dan damai sampai acara pemilihan langsung Ketua RT-005 dan Ketua RT-006 yang sangat demokratis dengan mencoblos Foto calon Ketua RT untuk satu KK diwakilkan satu suara sehingga yang memilih bisa bpk/ibu/anak yang sudah dewasa. Saat itu juga setelah pencoblosan selesai langsung perhitungan suara sehingga dapat diketahui hasil pemilihan terbanyak yang akan menjadi Ketua RT terpilih.

Hasil Pemungutan suara secara Demokratis di Pemilihan Ketua RT pada hari Sabtu 20 Oktober 2018 sebagai Ketua RT-005 yang terpilih No.1 bpk Amsari Syahrial dan sebagai Ketua RT-006 yang terpilih juga No.1 bpk Wahyudianto. Kami mengucapkan selamat bekerja dengan semangat dan ikhlas membantu warga atas terpilihnya bapak menjadi Ketua RT-005 dan Ketua RT-006 untuk periode 2018-2021.

Pemilihan Ketua RT seperti ini sesuatu yang pertama kali dilakukan di RW-09, tahapan pemilihan Ketua RT dengan demokratis dan cukup meriah sehingga semua warga turut mengikuti proses pemilihan ini dan warga mempunyai hak yang sama untuk dipilih dan memlilih. Pemilihan Ketua RT ini bisa menjadi contoh untuk selanjutnya dalam pemilihan Ketua RT/RW di lingkungan RW-09 kelurahan Kranji, Bekasi Barat.

@ Hari Sabtu, 20 Oktober 2018 oleh Umar Ismail (Sekretaris RW-09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar